Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

DKP Boltim Pastikan Ketersedian Pangan Aman

83

BOLTIM— Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Bolaang Mongondow (Boltim) memastikan ketersediaan pangan masih aman hingga saat ini.

Hal ini dikatakan Kepala DKP Boltim Ayko Mentemas melalui Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan, Heny Elvandari Mamonto, Selasa (8/3/2022).

“Ketersediaan pangan di Boltim saat ini berada pada titik aman. Untuk wilayah Boltim sendiri tidak ada desa yang mengalami krisis pangan, kecuali desa yang terdampak bencana,” ujarnya.

Meski demikian, pihaknya tetap melakukan berbagai langkah untuk antisipasi apabila kemudian terjadinya krisis pangan di wilayah setempat.

“Kita sudah lakukan survey ke daerah yang mengalami krisis pangan, kemudian mendistribusikan pangan dari daerah sentra pangan ke daerah yang mengalami rawan pangan,” ungkapnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat Boltim agar memfungsikan lahan maupun pekarangan untuk tanaman pangan. “Hal ini juga sebagai bentuk kemandirian desa dalam mengantisipasi rawan pangan sehingga butuh kerjasama antara pemerintah desa dan dinas terkait,” tandasnya.(*)