Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Dinas Pertanian Boltim Tinjau Persawahan di Buyat

41

Tajuk.News, BOLTIM – Dinas Pertanian Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) turun langsung meninjau persawahan di Desa Buyat Kecamatan Kotabunan, Rabu (9/2/2022).

Kepala Dinas Pertanian Boltim, Mat Sunardi, S.PKP, mengatakan, pihaknya turun langsung untuk memastikan dukungan infrastruktur penunjang khususnya persawahan di Desa Buyat.

“Kita turun memastikan dukungan infrastruktur penunjang, baik yang sudah ada dan yang perlu diperbaiki akan datang, agar lebih optimal,” ungkap Sunardi.

Dia juga mengatakan, suksesnya ketahanan pangan khususnya pada Sawah, sangat dipengaruhi oleh infrastruktur yang ada baik jaringan irigisasi, sarana produksi (saprodi) serta petugas lapangan.

“Indeks Pertanaman (IP) Boltim baru pada level 3.00, itupun pada daerah yang irigasinya memadai. Itulah kenapa harus turun ke lapangan untuk memeriksanya langsung. Kita juga melakukan pengecekan pekerjaan-pekerjaan swakelola petani, apa masih ada yg perlu di benahi atau tidak,” terang Sunardi.

Selain itu lanjut Sunardi, dirinya juga melakukan diskusi dengan petani selaku masyarakat yang berjasa mewujudkan ketersediaan pangan.

“Keluhan para petani selain keterbatasan pupuk, terutama adalah keterbatasan modal. Untuk ketersediaan pupuk, diketahui Sulut hanya mendapatkan pupuk subsidi sebanyak 42.000 ton pada tahun ini. Untuk Boltim sendiri hanya mendapat 1.500 ton, tidak sebanding dengan luas persawahan Boltim yang mencapai 1.400 hektare, belum lagi yang digunakan untuk holtikultura. Mudah-mudahan kedepan pemerintah pusat bisa menambah jatah pupuk subsidi ke Boltim,” jelas Sunardi. (*)