Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkab Boltim Siapkan Anggaran Pembangunan Infrastuktur

Tajuk.News, BOLTIM – Pembangunan infrastruktur menjadi prioritas Bupati Sam Sachrul Mamonto S.Sos, M.Si, di tahun kedua kepemimpinannya sebagai Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boltim melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) bakal menggelontorkan anggaran pembangunan kurang lebih sebesar Rp 30an miliar Untuk pekerjaan fisik tahun ini.

Kepala Dinas PUPR Boltim, Harris Pratama Sumanta ST, Senin (10/1/2022) mengatakan, tender sejumlah pekerjaan tersebut akan dimulai pada triwulan pertama lewat Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2022.

“Dari total Rp 70 miliar anggaran pembangunan pada Dinas PUPR Boltim, separuhnya dialokasikan untuk infrastruktur seperti peningkatan jalan, dan pembangunan jaringan air bersih,” ungkap Ai sapaan akrabnya.

Dia juga mengatakan, rincian alokasi anggaran tersebut masing-masing, Rp 9 miliar anggaran pembangunan infrastruktur pengadaan air bersih di Kecamatan Nuangan dan Tutuyan. Kemudian pekerjaan peningkatan jalan Tutuyan Togulu sebesar Rp 2,5 miliar, jalan Tutuyan Pasar Rp 10,3 miliar dan jalan Jiko Molobog 1,5 miliar rupiah.

“Sementara yang lainnya, untuk penataan ruang terbuka hijau di Lapangan Pondabo dengan anggaran sekitar Rp 3 miliar dan pembangun Rudis Bupati dan Wakil Bupati tahap satu senilai Rp 6,3 miliar juga akan segera ditender,” ujarnya.

Meski demikian tambahnya, untuk lapangan Pondabo sendiri, masih dibutuhkan perencanaan yang matang sebelum proses pekerjaan dimulai.

“Untuk lapangan Pondabo, sebelum pembangunannya kami akan berkonsultasi dulu dengan BPKP. Masalahnya, lapangan itu sudah pernah dibangun,” pungkasnya.