Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Diskominfo Kotamobagu Prioritaskan Program Desa Digital di Tahun 2022

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu, awal tahun 2022 mulai mengimplementasikan Program Desa Digital di 15 desa se-Kota Kotamobagu.

Kepala Diskominfo Kota Kotamobagu, Moh. Fahri Damopolii, S.Kom., ME., Rabu (5/1/2021) mengatakan, Program Desa Digital memang masuk salah satu program prioritas di tahun 2022.

“Makanya di awal bulan ini kami mulai mempersiapkan segala sesuatunya untuk segera merealisasikan program desa digital ini, terutama di 15 desa se-Kota Kotamobagu,” ujar Fahri.

Menurut Fahri, Program Desa Digital sebenarnya sudah direncanakan sejak beberapa tahun lalu untuk diterapkan di desa-desa yang ada di Kotamobagu

“Program Desa Digital memang sudah kami siapkan sejak tahun 2019. Waktu itu kami merancang penerapannya dengan mengambil sampel untuk dua desa. Namun karena kondisi pandemi yang melanda saat itu, program ini kemudian kami tunda, dan baru bisa kami lanjutkan tahun 2022 ini,” ucapnya.

Program desa digital ini, lanjut Fahri dimulai dengan penggunaan sistem informasi desa untuk mempermudah layanan pemerintahan di tingkat desa, mulai dari layanan administrasi kependudukan, surat menyurat, pengarsipan, penyajian profil dan berbagai informasi desa, keuangan desa, hingga ke program bantuan di tingkat desa.

“Selain itu implementasinya juga tidak hanya terbatas untuk wilayah desa, tapi kelurahan juga bisa memanfaatkan ini. Sehingga kami akan menerapkan layanan sistem informasi ini untuk seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kota Kotamobagu,” lanjutnya.

Diskominfo sendiri sudah memulai tahapannya dengan melakukan sosialisasi ke desa dan kelurahan se-kota Kotamobagu.

“Selasa kemarin, kami sudah mempresentasikan program ini dihadapan para Sangadi (Kepala Desa) dan Lurah se-Kota Kotamobagu. Setelahnya kami akan mulai turun ke desa dan kelurahan untuk melakukan pendampingan, agar sistem informasi ini bisa segera diterapkan,” ucap Fahri.