Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Dinkes Kotamobagu Sosialisasikan Pentingnya Vaksinasi Untuk Anak

79

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan vaksinasi Covid-19 anak usia 6-11 tahun.

Dengan menggunakan kendaraan operasional serta alat pengeras suara, petugas dari masing-masing Puskesmas memberikan edukasi, kepada masyarakat khususnya kepara orang tua, tentang pentingnya vaksinasi bagi anak.

“Ayo ajak dan dampingi anak kita untuk mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 di sekolah. Jangan takut dan ragu untuk divaksin. Vaksin Covid-19 aman, halal dan sehat bermanfaat,” demikian kutipan ajakan yang dipublikasikan petugas kesehatan lewat pengeras suara.

Lewat sosialisasi ini, petugas kesehatan Puskesmas juga mempublikasikan hal-hal yang diwajibkan bagi anak sebelum dan sesudah mendapatkan vaksinasi. Diantaranya, sarapan pagi, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, memakai masker dengan benar dengan menutup hidung dan mulut, menghindari kerumunan serta tidak bepergian bila tidak penting.

Pun halnya dengan tujuan vaksinasi pada anak itu sendiri, juga turut dipublikasikan secara mobile masing-masing Puskesmas di wilayah kerjanya. Adapun tujuan atau manfaat vaksinasi bagi anak itu meliputi; mencegah sakit berat pada anak yang terinfeksi COVID-19, Mencegah Penularan COVID-19 pada anggota keluarga dan saudara, mendukung pelaksanaan pembelajaran tatap muka, meminimalisasi penularan COVID-19 di sekolah atau satuan pendidikan serta mempercepat tercapainya Herd Population.

Sebelumnya, pada rabu kemarin, vaksinasi khusus anak usia 6-11 tahun sudah dilaksanakan di sejumlah Sekolah Dasar yang tersebar di wilayah Kota Kotamobagu oleh Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Polres Kotamobagu.

Diketahui, pada pelaksanaan vaksinasi anak yang digelar di 11 titik kemarin, sejumlah 660 siswa sudah divaksin dari target keseluruhan sebanyak 11.889 anak. Informasi yang diperoleh, pelaksanaan vaksinasi di sekolah-sekolah juga sudah dijadwalkan.