Tahun 2022 Situs Alexa Akan Ditutup

Tajuk.News, TEKNO – Selamat jalan alexa.com. Situs Alexa, anak perusahaan Amazon, Alexa Internet yang dikenal sebagai perusahaan penyedia tools analitik dari jutaan website di dunia, akan ditutup pada bulan Mei 2022 mendatang.

Hal ini terungkap dalam sebuah posting di blog resmi Alexa. Dalam pengumuman tersebut, Tim Alexa tidak menjelaskan alasan penutupan situs Alexa.com.

“Setelah dua dekade membantu Anda menemukan, menjangkau, dan mengonversi audiens digital Anda, kami mengambil keputusan berat untuk menghentikan Alexa.com pada bulan 1 Mei 2022,” ujar Tim Alexa.com, seperti dilansir Kompas Tekno, Jumat (10/12/2021).

Di akhir pengumuman, Tim Alexa menyampaikan terima kasih kepada pengguna setianya, karena telah menjadikan situs Alexa sebagai sumber daya untuk penelitian konten, analisis kompetitif, penelitian kata kunci, dan lainnya.

Terkait penutupan situs Alexa.com, Tim Alexa juga mengumumkan, mulai 8 Desember 2021, pihaknya tidak lagi menawarkan layanan berlangganan yang baru.

“Namun, pengguna langganan yang sudah ada tetap memiliki akses ke langganannya hingga 1 Mei 2022,” kata Tim Alexa.

Sebelum ditutup, Tim Alexa juga mengumumkan bahwa pengguna berbayar bisa mengekspor data dan menghapus akun mereka.

Selama ini, Alexa.com kerap digunakan untuk referensi, atau insight kinerja website, seperti pengelolaan website, market, hingga media dengan mengakses Alexa Rank.