Kapolda Sulut Lantik 300 Siswa Bintara

74

Tajuk.News, MANADO – Kapolda Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno memimpin upacara penutupan pendidikan dan pembentukan Bintara Polri T.A. 2021 di SPN Polda Sulut, Rabu (22/12/2021) pagi.

Dalam upacara ini, Irjen Pol Mulyatno melantik 300 orang siswa, 45 di antaranya dari Polda Papua, resmi menjadi Anggota Polri berpangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Upacara penutupan dan pelantikan ditandai dengan penanggalan tanda siswa dan pemasangan tanda pangkat efektif secara simbolis, kemudian pengambilan sumpah dipimpin Irjen Pol Mulyatno.

Sementara itu Kalemdiklat Polri Komjen Pol Rycko Amelza Dahniel dalam amanat tertulis dibacakan Irjen Pol Mulyatno, mengucapkan selamat kepada 15.526 siswa terdiri dari 14.772 pria dan 754 wanita yang telah menyelesaikan pendidikan selama kurang lebih 5 bulan, dan dilantik menjadi Anggota Polri.

“Penutupan dan pelantikan ini bukan akhir dari perjalanan, tetapi awal dari pengabdian sebagai bhayangkara muda. Saudara sekalian akan berhadapan dengan dinamika tugas yang penuh tantangan,” ujar Irjen Pol Mulyatno.

Dalam amanat tersebut, Kalemdiklat Polri juga menekankan beberapa hal yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh seluruh bintara remaja Polri.

“Tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya, pahami dan laksanakan tugas dengan baik dan penuh keikhlasan, menjadi sosok teladan bagi masyarakat, serta bangun komunikasi positif dengan masyarakat, TNI, Pemerintah Daerah maupun komponen bangsa lainnya,” tutup Irjen Pol Mulyatno membacakan amanat.

Usai upacara dilanjutkan peragaan penanganan Covid-19 dan yel-yel oleh para bintara remaja angkatan 46 dengan nama batalyon Satya Haprabu.

Selanjutnya, Irjen Pol Mulyatno meresmikan Pura Ganesha SPN Polda Sulut, ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti.

“Peresmian Pura ini sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, khususnya bagi personel yang beragama Hindu,” singkat Irjen Pol Mulyatno.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut di antaranya, Wakapolda Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir bersama para Pejabat Utama Polda Sulut, Ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Sulut Ny. Mila Mulyatno beserta Wakil Ketua dan Pengurus, dan perwakilan Polda Papua.