Banner Before Header
Banner

DLH Kotamobagu Tebang Pohon Peneduh Membahayakan

0 39

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, bersama Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), melakukan penebangan pohon peneduh jenis trembesi yang berpotensi roboh dan membahayakan warga yang melintas, di Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Kotamobagu.

Kepala DLH Kotamobagu, Bambang Irawan Ginoga, Jumat (5/11/2021) mengatakan, ada empat pohon yang ditebang di jalan tersebut.

“Kita bekerjasama dengan Dinas PRKP Kotamobagu menebang beberapa pohon karena sangat membahayakan masyarakat. Jangan sampai pohonnya roboh dan menimpa masyarakat atau pengendara saat melintas,” ungkapnya.

Selain itu, akar pohonnya juga sudah merusak jalan, trotoar dan drainase.

“Serta sebagian akarnya sudah menutupi drainase, dan sering mengakibatkan penyumbatan. Sehingga saat hujan deras, airnya masuk ke badan jalan,” tuturnya.

Namun, Bambang katakan, bukan berarti penebangan tak disertai dengan penggantinya seperti pohon glodokan atau polyathia longifolia. Bahkan ada juga sirsak yang telah di tanam beberapa tahun lalu.

“Ini dilakukan ketika pohon trembesi sudah sangat membahayakan kemudian di tebang, maka ada penggantinya yakni pohon glodokan,” tambahnya.

Dia juga menambahkan ada dua titik lokasi penebangan pohon trembesi.

“Selain Jalan Ahmad Yani, ada juga di Jalan Cendana Kelurahan Mogolaing. Hari ini, dua titik itu yang pohonnya akan dilakukan penebangan,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.