Banner Before Header
Banner

Disdagkop-UKM Kotamobagu Beri Pelatihan Kewirausahaan Bagi Kelompok Strategis

0 72

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Dinas Perdagangan Koperasi Usaha Kecil Menegah (Disdagkop-UKM) Kota Kotamobagu, menggelar program pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi kelompok strategis masyarakat, yang dilaksanakan selama tiga hari, sejak 21 hingga 23 September 2021, di Gedung Lembah Bening, Kelurahan Sinindian, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Disperdakop UKM Kota Kotamoabgu, Meiva Najoan, Selasa (21/9/2021) mengatakan, program pendidikan dan pelatihan kewirausahaan bagi kelompok strategis masyarakat akan dilaksanakan dua tahap.

“Sebanyak 70 wirausaha yang hadir pada tahap awal ini. Untuk tahap awal ini, kami menyasar wirausaha kuliner. Untuk tahap kedua akan dilihat bidang wirausaha mana yang banyak digeluti di Kota Kotamobagu, akan tetapi jika masih banyak wirausaha kuliner maka akan dibuka kembali,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, para peserta akan menerima materi dari pihak Bank BRI terkait pembiayaan, dari KPPN, Perpajakan, Anggota DPRD Komisi II, dan dari Dinas Koperasi UKM Provinsi Sulut.

“Selain itu, akan ada praktik pembuatan kue, tujuannya untuk meningkatkan kapasitas dari para pelaku usaha itu sendiri,” tambahnya.

Program ini dilakukan, karena pemerintah mempunyai peran peting untuk mendorong para pelaku usaha dalam peningkatan kapasitas, serta perlengkapan administrasi dari usaha itu sendiri. “Nantinya akan ada materi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), kami akan mendorong mereka untuk memilki NIB, lewat NIB ini juga akan mempermudah mereka dalam memperoleh bantuan-bantuan dari pemerintah pusat, yang salah satu syaratnya harus melampirkan NIB dan sertifikat pelatihan kewirausahaan, maka selain peningkatan kapasitas, kami selaku pemerintah kota juga turut mendorong disiplin administrasi bagi para pelaku usaha. Sumber anggaran yang digunakan dalam pelatihan ini dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 300.000.000,” ujarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.