Banner Before Header
Banner

Unimor Menggelar Pelatihan Pembuatan Amoniasi Jerami Padi

1 216

Tajuk.News, MALAKA – Tim pelatihan peternakan Universitas Timor (Unimor), menggelar pelatihan pembuatan Amoniasi jerami padi kepada kelompok tani Bon-Bon, di Desa Fatumuti Kabupaten TTU.

Dosen Unimor, Alfred Nubatonis, Selasa (31/8/2021) mengatakan, Amoniasi merupakan proses pengolahan menggunakan bahan kimia amoniak (NH3), untuk meningkatkan daya cerna bahan pakan, seperti jerami padi sekaligus meningkatkan kadar N proteinnya.

“Manfaatnya, menambahkan ketersediaan bahan pakan, mencegah bahan pakan khususnya pada musim kemarau, produktivitas ternak akan meningkat serta mengurangi pencemaran, jelas dosen prodi peternakan fakultas pertanian universitas Timor itu,” ujar Alfred.

Alfred juga mengatakan, dalam proses pembuatan Amoniasi jerami padi memerlukan bahan dan alat.

“Untuk bahanya yakni 100 kg jerami padi dan 3-4 kg urea dan alatnya yaitu timbangan, terpal plastik untuk pengemasan dan kayu untuk mengemas jerami padi,” tambah Alfred.

Terpisah, salah satu ketua kelompok tani Bon-Bon, Lorens Kefi, mengatakan, dalam pelatihan pembuatan dan pengemasan Amoniasi ini sangat membantu para petani khususnya kelompok tani Bon-Bon.

“Untuk itu kami menyampaikan terimakasih kepada para dosen dan mahasiswa Unimor Kefamenanu yang sudah meluangkan waktu untuk membagi ilmunya kepada kami kelompok tani Bon-Bon dan akhirnya apa yang kami tidak pahan kami jadi paham karena langsung mempraktekannya. Ucapa bapak Lorens Kofi, ketua kelompok tani Bon-Bon desa Fatumuti,” ujar Lorens.

1 Comment
  1. Yeri says

    Mantap👏

Leave A Reply

Your email address will not be published.