Banner Before Header
Banner

Dilirik Sejumlah Partai Besar, Tatong Bara Berpeluang ke DPR RI

0 200

KOTAMOBAGU, Tajuk.News – Ir. Hj. Tatong Bara berpeluang besar mendapatkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) pada Pemilihan Legislatif (Pileg) tahun 2024 mendatang.

Hal tersebut dikatakan salah satu pengamat politik Bolmong Raya Ahmad Rizky Iyan. Menurutnya, peluang Tatong Bara bisa mendapatkan kursi di DPR RI bukan tanpa alasan. Selain merupakan tokoh politik yang populer, Tatong Bara sukses memimpin Kotamobagu selama dua periode.

Terbukti, sederet prestasi tingkat regional hingga nasional, berhasil diraih oleh Tatong selama memimpin Kota Kotamobagu. Itulah yang menjadi modal untuk bisa meraih kursi sebagai anggota DPR RI dalam pemilu legislatif di tahun 2024 mendatang.

“Menjadi Wali Kota selama 2 periode merupakan salah satu modal besar. Namun demikian, untuk bisa meraup suara dalam pemilu nanti, tetap harus menggunakan pendeatan survey,” ujar Rizky Senin (14/6/2021).

Pengamat dari lembaga survey politik Indonesia tersebut juga menambahkan, walaupun telah memiliki modal figuritas yang cukup populis dan dikenal hampir di seantero Sulawesi Utara (Sulut) hingga ke tingkat nasional, dengan berbagai prestasi yang telah membawa harum nama Kotamobagu, dalam kurun waktu 8 tahun terakhir memimpin daerah tersebut, namun untuk bisa ‘mensegel’ 1 kursi ke DPR RI, Tatong Bara harus benar-benar ditopang oleh sebuah perencanaan yang matang, terarah juga strategis. 

“Selain itu, formulasi dari partai untuk bisa merumuskan strategis pemenangan yang terintegrasi dengan citra kandidat juga dibutuhkan,” pungkas Rizky.

Masuknya nama Tatong Bara dalam bursa calon angota DPR RI pada Pileg 2024, membuat srikandi Kotamobagu berparas cantik itu dilirik sejumlah partai besar di Sulut. Salah satunya Partai Demokrat. Melalui Sekretaris Partai Demokrat Sulut, Billy Lombok, mengungkapkan, bahwa figur Tatong Bara sangat cocok dengan Partai Demokrat.

“Demokrat merupakan partai nasionalis dan religius, nah ini tentu sangat cocok dengan figur Tatong Bara jika beliau berkeinginan maju melalui partai Demokrat,” ungkap Aleg DPRD Provinsi Sulut ini.

Dia mengatakan, meski mengutamakan kader dalam perekrutan bacaleg pada Pileg 2024 nanti, namun partai Demokrat terbuka  untuk semua pihak yang berkeinginan maju melalui Demokrat.

“Banyak kriteria yang bakal menjadi pertimbangan pada perekrutan bacaleg nanti, salah satunya adalah popularitas seorang figur. Nah, ibu Tatong sudah memenuhi criteria partai Demokrat,” jelas Billy.

Selain Partai Demokrat, Partai Golkar Sulut juga melirik Tatong Bara. Sekretaris Partai Golkar Sulut Rasky Azhari Mokodompit, mengaku, jika Tatong Bara berniat untuk menggunakan kendaraan Partai Golkar pada Pileg 2024, maka ini akan membuka peluang untuk bisa menambah kursi di DPR RI.

“Memang Golkar memiliki stok kader seperti AJP yang saat ini adalah anggota DPR RI, namun jika ibu Tatong bisa maju melalui kendaraan Golkar, maka ini peluang bagi Golkar untuk menambah kursi di DPR RI nanti. Intinya kata Raski, Partai Golkar Sulut terbuka bagi siapapun pada Pileg 2024 mendatang,” tutur Rasky.

Tak hanya partai Golkar dan Demokrat, Partai NasDem juga berpeluang akan mengusung Tatong jika dia  maju bertarung merebut kursi di DPR RI pada pada Pileg nanti. Tatong memiliki hubungan baik dengan NasDem. Bahkan, keberhasilan Partai NasDem merebut 4 kursi di DPRD Kotamobagu pada Pileg 2019 lalu, tidak lepas dari campur tangan Tatong Bara.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara, menuturkan, semua tergantung masyarakat. Jika masyarakat menginginkan dia untuk maju dalam pemilihan legislatif nanti, maka hal itu akan menjadi penyemangat tersendiri baginya.

“Mungkin mereka punya kalkulasi sendiri. Tetapi, tentu semangat ini saya sangat apresiasi. Jika kemudian masyarakat menginginkan, kenapa tidak? Tetapi biar saya konsentrasi selesaikan dulu amanah rakyat yang sementara dijalankan ini,” ujar Wali Kota usai peluncuran kegiatan Padat Karya Tunai Cash For Work, di Aula Rumah Dinas Walikota Kotamobagu beberapa waktu lalu.

Akan tetapi, Tatong tidak menampik kemungkinan akan keikutsertaan dirinya pada kompetisi di pemilihan legislatif tahun 2024 mendatang.

“Yang pasti apa pun tugas kita, jika diminta oleh masyarakat, kita harus bisa maksimal,” tambah Wali Kota Kotamobagu dua periode ini.

Sementara itu, terkait partai yang akan menjadi kendaraannya untuk ikut pada pemilihan legislatif 2024, Tatong sampaikan, nanti saja dulu.

“Belum terpikirkan soal itu (Partai Politik). Apalagi ini kan masih jauh, dan saya masih banyak tugas yang harus diselesaikan untuk rakyat Kota Kotamobagu,” tutup Wali Kota.

Leave A Reply

Your email address will not be published.