Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Aplikasi Kasda Online Mulai Disosialisasikan

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu bersama Bank SulutGo (BSG) cabang Kotamobagu menggelar sosialisasi pengenalan dan penggunaan aplikasi Kas Daerah (Kasda) Online Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), di Hotel Sutanraja, Kamis (10/6/2021).

Sekertaris Kota (Sekkot) Kotamobagu, Sande Dodo, yang diwakili Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), Pra Sugiarto Yunus, dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, sebelumnya Kasda online sudah dilaksanakan oleh Pemkot Kotamobagu. Namun, dengan dipindahkannya Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke BRI yang diterapkan adalah system CMS.

“Tahun sebelumnya juga sebelum pindah ke BRI memang Kasda Online sudah diaplikasi oleh Pemkot. Akan tetapi lebih fokus ke BUD dalam hal ini BPKD, karena aplikasi ini secara bertahap dikembangkan oleh Bank SulutGo,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, penerapan Kasda Online merupakan komitmen BSG dalam rangka perbaikan, pembaruan  pengelolaan keuangan di  Kota Kotamobagu kearah yang lebih baik lagi.

“Aplikasi ini juga dalam rangka penerapan gerakan non tunai dimana kepala OPD selaku Approfer, kemudian Sekretaris sebagai Caker dan Bendahara sebagai Maker melaksanakan proses keuangan secara online. Jadi bisa dari mana saja. Kepala Dinas saat tidak berada di tempat boleh Approfer dari Hanphone,” tambahnya.

Selain itu, penerapan aplikasi Kasda Online itu adalah tidak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) dalam rangka pengelolaan kas daerah dengan BSG.

“Misalnya ada tagihan gaji atau tambahan penghasilan, SKPD langsung yang akan distribusikan ke rekening pribadi masing-masing pegawai. Karena masing-masing SKPD sudah ada memiliki password dan user. Kas daerah Kotamobagu itu kan di Bank Sulut jadi tidak lanjutnya seperti ini,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Cabang Bank SulutGo, Junike Sumawati Paputungan, mengatakan, sebagai mitra pemerintah daerah, BSG terus berupaya mendukung dan memberikan solusi pengelolaan keuangan. Salah satunya melalui aplikasi Kasda Online.

“Manfaat penggunaan Kasda Online selain untuk memudahkan transaksi juga untuk keamanan. Aplikasi ini sudah didukung tiga lapis keamanan user, yaitu maker, caker dan approfer. Dari segi waktu aplikasi dapat diakses kapan pun dalam perangkat apapun termasuk PC, Laptop, atau Ponsel yang terkoneksi dengan internet,” ujarnya.

Dia pun berharap, penggunaan aplikasi Kasda Online ini dapat memberikan kemudahan untuk setiap transaksi non tunai di lingkungan SKPD Pemerintah Kota Kotamobagu. “Dengan adanya Kasda Online ini diharapkan bisa mempermudah setiap transaksi SKPD Pemkot Kotamobagu,” singkatnya.