Banner Before Header
Banner

Umat Khonghucu Kotamobagu Rayakan Imlek Tahun 2572 Secara Sederhana

0 196

KOTAMOBAGU – Umat Khunghucu Kotamobagu, melakukan ibadah dan perayaan Imlek tahun 2572, secara sederhana di Klenteng Agung Thian Shen Seng, yang terletak di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat. Dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), pelaksanaan ibadah imlek umat Khonghucu kali ini tak semeriah tahun-tahun sebelumnya.

Ketua pemuda Klenteng Thian Shen Sheng Kotamobagu, David Budiman, Kamis (12/2/2021), mengatakan, pihaknya melaksanakan ibadah kali ini secara sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya mau mengucapkan Gong Xi Fa Cai, selamat hari raya Imlek 2572. Untuk tahun ini, kami sembahyang dengan sederhana, karena pandemi Covid-19. Kami bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena di tahun sebelumnya telah mendapat banyak rezeki, kesehatan, dan kota kami bisa tumbuh subur. Kami berbahagia di sini dan mudah-mudahan di tahun kerbau emas ini, bisa mendapat lebih banyak rezeki, dan terjaganya kerukunan antar umat beragama,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan sembahyang kali ini, tak ada kerumunan, pemasangan kembang api.

“Pada rangkaian acara puncak malam ini pukul 12 tidak seperti tahun sebelumnya. Semua ibadahnya dilaksanakan sederhana, jadi tidak ada ramah tamah, tidak ada kembang api, tidak ada kumpul-kumpul salam-salaman, apalagi karena masih dalam pandemi Covid-19. Mudah-mudahan pandemi Covid-19 ini supaya cepat berakhir,” tambahnya.

Sementara itu, Kapolsek Urban Kotamobagu, Kompol Afrizal Rachmat Nugroho, mengatakan, untuk pengamanan ibadah umat khonghucu di Kotamobagu, pihaknya melibatkan Anggota TNI Kodim 1303 sebanyak 10 personil, Polres Kotamobagu 5 personil dan untuk Polsek sendiri 12 personil.

“Untuk penjagaan pengamanan kita fokuskan mulai dari pintu masuk sampai dengan di dalam, untuk menghindari adanya kerumunan saat pandemi Covid-19, dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” singkatnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.