Banner Before Header
Banner

Sumber Mata Air di Desa Amol Bakal Dijadikan Mikro Wisata

0 621

Tajuk.News, KEFAMENANU – Masyarakat desa Amol, Kecamatan Miomaffo Timor, Kabupaten TTU, melakukan penghijauan, dengan menanam berbagai macam bibit pohon, di sekitar Cekdan Teut Neno, Jumat (12/2/2021).

Kepada Media Tajuk.News, Weren Fridus Taena, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengatakan, penanaman pohon ini dilakukan atas dasar inisiatif dari masyarakat dan pemuda Desa Amol, untuk menjaga alam serta lingkungan sekitar.

“Sekitar 1000 anakan, dari beberapa jenis pohon yang ditanam oleh masyarakat dan pemuda, yaitu anakan mahoni, bunga sakura, jambuair dan angsono yang di tanam,” ujar Weren yang saat ini menjabat sebagai pembantu Wakil Rektor 1 di Universitas Timor (UNIMOR).

Dia juga mengatakan, penanaman pohon juga berfungsi untuk menjaga sumber mata air, yang ada di Desa Amol salah satu Cekdam ini.

“Air sangat dibutuhkan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari, apalagi disaat musim kemarau seperti sekarang ini. Contohnya digunakan untuk mandi, cuci pakaian dan kebutuhan lain,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga merencanakan untuk menjadikan tempat ini, sebagai mikro wisata dengan manfaatkan sumberdaya alam yang ada di tempat ini.

“Harapannya semoga kedepannya bisa bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat, dan pemerintah desa, kecamatan, daerah dan petinggi-petinggi lainnya,” kata mantan aktivis GMNI ini.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Amol, EGidius Nenat, mengatakan, pihaknya selaku penanggunjawab wilayah Desa Amol, sangat menyambut dengan baik, kegiatan penanaman pohon seperti ini.

“Karena sejak saya memimpin dari tahun 2015 sampai sekarang, sudah ada kegiatan-kegiatan seperti ini, namun tidak berjalan maksimal. Harapan kami, dengan adanya penghijauan di beberapa titik sumber mata air ini, bisa berjalan dengan baik, sehingga bisa menjaga alam dan lingkungan sekitar demi kemajuan bersama Desa Amol yang kita cintai in,” jelas Kades.(YUVEN)

Leave A Reply

Your email address will not be published.