Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

SDN 3 Pobundayan Ikuti Webinar Tingkat Nasional Mewakili Sulut

87

KOTAMOBAGU – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Pobundayan Kecamatan Kotamobagu Selatan, terpilih mengikuti kegiatan webinar tingkat nasional mewakili sekolah se Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang diselenggarakan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLH&K) Republik Indonesia.

Kepala Sekolah Yudi Amirudin, Senin (7/9/2020) mengatakan, SDN 3 Pobundayan sebelumnya masuk nominasi dalam ajang Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulutu beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah sekolah kami masuk dalam kegiatan webinar tingkat nasional lewat aplikasi zoom, mewakili provinsi Sulawesi utara,” ujarnya.

Ia menuturkan, webinar tersebut dioptimalkan pada kegiatan gerakan peduli lingkungan. Dimana sasarannya, pada zona lingkungan sekolah maupun diluar area sekolah.

“Gerakannya seperti mengajak anak-anak dan guru-guru, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah. Dimulai dari pakaian, ruangan dan lingkungan yang sehat dan bersih. Termasuk pada penerapan penggunaan tumbler untuk botol minuman, sebagai salah satu upaya mengurangi sampah plastik,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, melalui Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas, Irwan Paputungan, mengatakan, webinar tersebut merupakan kegiatan yang ada kaitannya dengan sekolah Adiwiyata.

“Keikut-sertaan SD Negeri 3 Pobundayan ini merupakan permintaan dari DLH Provinsi Sulut, untuk mengikut-sertakan satu Sekolah yang Adiwiyata, sebagai tindaklanjut dari program Kementrian LH&K,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, tujuan dari kegiatan itu, untuk menghasilkan sekolah-sekolah yang peduli terhadap lingkungan.

“Tapi kegiatannya nanti dilaksanakan pada tahun 2021. Yang dilaksanakan itu baru sebatas Bimtek. Output (Hasil) yang diharapkan pada kegiatan ini adanya proses pembelajaran tentang peduli lingkungan di Sekolah. Kami DLH Kotamobagu hanya sebatas memfasilitasi dan mendampingi. Semoga apa yang dilakukan SD Negeri 3 Pobundayan akan menjadi motivasi bagi sekolah lainnya di Kotamobagu,” tutupnya.

Diketahui, Webinar adalah kegiatan seminar web yang dilakukan secara daring, menggunakan situs web atau aplikasi live streaming video tertentu lewat internet atau media elektronik lainnya.