Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Gula Aren Kotamobagu Bakal Diekspor ke Vietnam

KOTAMOBAGU – Produk gula semut atau gula aren hasil dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kotamobagu, berpeluang untuk diekspor ke Negara Vietnam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Anki Taurina Mokoginta, Senin (10/08/2020) mengatakan, produk gula semut atau gula aren buatan UMKM yang ada di Kota Kotamobagu, berpeluang untuk diekspor sampai ke Negara Vietnam.

“Dari Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Sulawesi Utara sudah mengambil contoh atau sampling untuk gula semut dari Moyag. Dimana, saat ini mereka sementara menunggu hasil sampling terkait dengan komposisi dan nutrisi manfaat dari gula tersebut,” ujarnya.

Dia juga menambahkan, jika hasil sampling gula aren Moyag dinyatakan lolos uji mutu, maka proses ekspor ke Negara Vietnam akan bisa dilakukan.

“Seandainya lolos uji mutu, maka KADIN akan memfasilitasi, sebab vietnam sudah menunggu untuk gula aren produksi Kotamobagu,” tambahnya.

Dia juga mengatakan, salah satu yang akan diuji untuk gula aren tersebut yakni campuran dari proses produksi gula.

“Sebab, ternyata banyak gula yang dicampur di Indonesia, dengan pengaturan komposisi 1 senduk gula aren dan dicampur dengan gula fabrikasi. Makanya, kalau betul itu gula murni, Kadin Sulut akan memfasilitasi hal tersebut,” tutupnya.