Banner Before Header
Banner

Tiga Tips Aman Bersepeda di Tengah Covid-19

0 144

OLAHRAGA bersepeda merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh, meningkatkan imun, agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Saat ini, olahraga bersepeda atau gowes kembali marak di kalangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Meski demikan, ada sejumlah protokol kesehatan yang harus dipatuhi, mengingat selain menjaga keselamatan juga harus mencegah penularan Covid-19.

Seperti yang dilansir Okezone, berikut tips aman bersepeda di tengah pandemi Covid-19 yang dikutip dari Consumer Reports:

1. Protokol terhindar dari virus

Meskipun Anda boleh bersepeda, tapi tidak dianjurkan untuk melakukannya secara berkelompok dan selalu menjaga jarak sekiranya dua meter dari orang lain. Lebih disarankan untuk bersepeda bersama anggota keluarga dekat yang tinggal bersama dengan kondisi kesehatan yang baik dan tidak memiliki gejala.

Anggota keluarga yang sudah tua (lansia) lebih baik tidak bersepeda dan berada di rumah saja. Hindari juga jalur atau jalan yang ramai. Pastikan juga untuk membawa lap untuk membersihkan setang, kursi, rem dan permukaan lain yang biasa disentuh sebelum Anda mengendarai sepeda.

Gunakan pembersih tangan yang tepat dan cuci tangan sesegera mungkin. Setelah bersepeda, pastikan Anda mandi dan bersihkan pakaian termasuk peralatan bersepeda lainnya seperti sarung tangan, kacamata, helm, jaket atau barang yang dikenakan lainnya.

2. Protokol perlengkapan bersepeda yang lengkap dan aman

Pastikan sebelum bersepeda, Anda menggunakan peralatan yang baik dan benar. Beberapa di antaranya adalah helm, kacamata, sarung tangan, pakaian dan lampu. Setiap perlengkapan ini memiliki perannya sendiri dalam bersepeda. Jangan sampai, alih-alih menghindari virus corona, Anda justru melanggar standar minimum yang harus dilakukan dalam bersepeda.

3. Protokol keselamatan di jalan

Tak hanya perlengkapan yang aman dalam bersepeda serta protokol kesehatan terhadap Covid-19, keselamatan dalam perjalanan juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Anda harus mematuhi hukum yang berlaku dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas, sinyal, dan marka jalan.

Selalu waspada selama berada di jalan juga tak kalah pentingnya. Beberapa benda seperti lubang, botol, kaca, trotoar dan saluran pembuangan dapat menimbulkan risiko besar bagi pengendara sepeda. Berikan pula sinyal menggunakan gerakan tangan untuk berinteraksi dengan pengendara lain di jalan. Anda juga diimbau untuk tidak ugal-ugalan dalam bersepeda dan menjauhkan penggunaan smartphone selama perjalanan.

Sumber: Okezone

Leave A Reply

Your email address will not be published.