Banner Before Header
Banner

Tak Pakai Masker, OTG 70 Persen Bisa Tularkan Corona

0 64

JAKARTA – Orang Tanpa Gangguan (OTG) Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), yang tidak menggunakan masker, 70 persen berpotensi menularkan virus Covid-19.   

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, seperti yang dilansir okezone, Minggu (10/5/2020) mengingatkan, agar masyarakat dapat mewaspadai pergerakan OTG yang berpotensi menularkan virus Covid-19.

“Maka 70 persen peluangnya dia untuk menularkan penyakitnya ke orang lain,” kata Yuri dalam konfrensi pers di Graha BNPB Jakarta.

Hanya saja, lanjut Yuri, bila orang tanpa gejala menggunakan masker maka bakal berpengaruh menurunkan angka presentase penularan.

“Namun apabila dia menggunakan masker, maka secara drastis angka presentase kemungkinan menularkan tinggal 5%. Mengapa? Karena semua droplet percikan ludah dia pada saat bicara, pada saat batuk, pada saat bersin, tertahan oleh maskernya. Sehingga tidak hanya menyebar langsung ke orang lain, tapi juga tidak mencemari benda-benda di sekitarnya,” ujarnya.

Sekedar informasi hingga saat ini ada 14.032 orang dinyatakan positif corona. Sementara pasien yang berhasil sembuh dari virus berbahaya tersebut juga bertambah 91 orang sehingga totalnya menjadi 2.698 orang. Selain itu, pasien yang meninggal dunia pun bertambah sebanyak 14 orang. Sehingga totalnya menjadi 973 pasien yang meninggal akibat Covid-19.

Leave A Reply

Your email address will not be published.