Banner Before Header
Banner

Diskominfo Kotamobagu Menggelar Bimtek Aplikasi Kinalang

0 48

KOTAMOBAGU – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kotamobagu, menggelar bimbingan teknis (Bimtek), tata kelola Klinik Aspirasi dan Layanan Pengaduan (Kinalang), Bagi admin perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, Kamis (04/12/2019), diruang rapat Kepala Dinas Kominfo.

Kepala Dinas Kominfo melalui Kepala Bidang (Kabid) Statistik Informasi dan Komunikasi Publik (SIKP) Diskominfo Kotamobagu, Muhammad Fahri Damopolii, Bimtek ini ditujukan untuk admin pengelola disetiap SKPD perangkat daerah di lingkungan Pemkot Kotamobagu.

“Aplikasi Kinalang Pemkot Kotamobagu ini melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Agar semua secara teknis masuk dalam admin bisa lakukan pengelolaan atas informasi yang masuk dalam aplikasi,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, Kinalang merupakan sistem pelayanan publik untuk masyarakat kota kotamobagu, dalam menyampaikan aspirasi, serta berbagai permasalahan dan keluhan yang ditemui dalam penyelenggaraan pelayanan publik pemerintah daerah.

“Dengan adanya sistem ini, masyarakat bisa lebih mudah untuk menyampaikan seluruh keluhan, terkait pelayanan yang dilaksanakan oleh Pemkot Kotamobagu melalui sistem teknologi informasi,” tambahnya.

Untuk itu, nantinya Kinalaang akan ada admin utama, sebagai pengelola dalam aplikasi yang akan menginput dan menindaklanjuti laporan dan keluhan, kemudian diteruskan kepada admin yang ada dalam OPD.

“Dalam bimbingan teknis ini akan dijelaskan bagaimana OPD menindaklaniuti laporan dan keluhan masyarakat yang masuk dalam aplikasi, kemudian akan ditindaklanjuti OPD terkait melalui admin utama. Kegiatan ini akan telah dilaksanakan sejak hari Rabu (04/12/2019) lalu yang diikuti oleh 22 OPD kemudian dilanjutkan hari ini Kamis (05/12/2019) yang dihadiri oleh 18 operator setiap OPD,” tambahnya.

“Jadi perangkat daerah atau OPD itu masuk dalam tim pengelola Kinalang, sehingga harus sama-sama bekerjasama saling berkoordinasi untuk menangani berbagai persoalan permasalahaan atau keluhan yang disampaikan oleh masyarakat, sehingga perlu mengundang admin perangkat daerah untuk dilatih secara teknis bagimana pengelolaan Kinalang ditingkatan perangkat daerah,” jelas Fahri.

Selain itu, Bimtek tersebut sudah membahasan teknis, bagimana proses dan alurnya, kemudian proses penanganan keluhannya seperti apa, hingga bagaimana di SKPD merespon itu dalam memberikan jawaban serta tanggapan terhadap berbagi keluhan yang masuk ke SKPD masing-masing.

“Sistem Kinalang ini akan dilaunching pada Senin pekan depan. Di pelaksanakan Bimtek ini, juga bertujuan untuk mempersiapkan semua admin di perangkat daerah, untuk stand by dan paham alur kerjanya seperti apa, sehingga saat launching nanti para admin ditingkatan perangkat daerah sudah mulai bekerja,” tutupnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.