Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Tatong Resmikan Rumah Adat Komalig

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamoagu Tatong Bara meresmikan replika rumah adat Komalig di Desa Kopandakan Satu, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Senin (18/11/2019).

Pengresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota dan dilanjutkan dengan peninjauan langsung fasilitas alat-alat sejarah Bolaang Mongondow yang ada di dalam Replika Rumah Adat Komalig.

Usai pengresmian, kepada awak media, Tatong mengatakan kalau replika rumah adat Komalig tersebut, merupakan sebuah inovasi yang cukup positif dari lapisan pemerintah dan masyarakat, yang ada di Desa Kopandakan Satu.

“Ini merupakan langkah maju, untuk melestarikan adat dan kebudayaan kita, yang merupakan peninggalan leluhur,” ujar Tatong.

Dia juga mengatakan kalau kedepan, Komalig tersebut harus lebih representatif, sehingga seluruh adat dan kebudayaan bisa ditampilkan dalam bangunan itu.

“Tempatnya masih kecil untuk bisa menikmati dan mempelajari hal ini. Kedepan nantinya kita akan perluas untuk menantang kita agar bisa mengkoleksi lebih besar lagi, menyiapkan tempat yang lebih representatif. Sebab acara adat baik itu bersifat suka dan duka saya lihat tadi belum ada di dalamnya, namun kreatifvitas ini sudah cukup baik,” tambahnya.

Tatong juga mengapresiasi upaya dari pemerintah dan masyarakat Desa Kopandakan, yang telah membangun Komalig tersebut.

“Saat ini memang sudah ada beberapa peninggalan budaya dan jejak leluhur yang ada dalam Komalig tersebut. Ini merupakan sebuah hal yang cukup bagus, terlebih data peninggalan itu didapatkan dari luar negeri dan kemudian dibuat replikanya disini,” tutupnya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.