Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Pemkot Menggelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), menggelar pelatihan tata cara penyembelihan hewan Qurban, dilaksanakan di Kantor Desa Bungko, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Kegiatan pelatihan penyembelihan hewan Qurban ini, diisi oleh dua pemateri, masing-masing Mochammad Husen dan Zubair Ali Paputungan, serta diikuti Sebanyak 150 Imam dan Pengawai Syar’i Se-Kotamobagu.

Wali Kota Kotamobagu, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan, Teddy Makalalag, saat membuka acara ini berharap, para imam dan pagawai syar’i ini dapat mengerti penuh, tata cara penyembelihan hewan Qurban sesuai syariah.

“Sebab, masih banyak ditemukan praktik penyembelihan hewan Qurban yang tidak sesuai syariah. Hampir setiap pekan selalu ada hajatan di desa atau kelurahan masing-masing. dan para imam biasa diminta menyembelih hewan sapi atau kambing,” ujarnya, Kamis (14/11/2019).

Dia menambahkan, apabila salah dalam hal cara menyembelih, besar kemungkinan makanan yang disajikan dari tidak mendapatkan berkah.

“Tentu kita ingin makanan yang tersaji bersumber dari bahan yang sehat lagi berkah, dimulai dari tata cara penyembelihan yang benar,” kata Teddy.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Adin Mantali mengungkapkan, rencananya kegiatan pelatihan semacam ini juga akan kembali dilaksanakan pada 2020 mendatang.

“InsyaAllah kita dengan Baznas Kota Kotamobagu sudah sepakat, untuk bisa mengundang lebih banyak lagi petugas syar’i dan para imam, agar kapasitas mereka selaku pelayan umat semakin mantap,” tutup Adin.