Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Industri Rumahan dan UMKM Kotamobagu Perlu Penyempurnaan

105

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Produk makanan yang dihasilkan industri rumahan maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kotamobagu, sudah sangat baik. Namun, masih ada beberapa hal yang perlu penyempurnaan.

Hal ini dikatakan Wali Kota, kepada sejumlah awak media, ditemui usai menghadiri kegiatan Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke 47 dan Jambore Temu Kader ke 1 Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kotamobagu, Senin (18/11/2019).

“Suatu inovasi, kreasi dan produk yang mereka hasilkan sudah bagus. Hanya ada beberapa hal yang harus disempurnakan seperti pengemasan.  Label kandungan ingredients untuk produk harus tercantum kadar kandungan makanan, serta kadar gizinya sampai dengan batas waktunya,” ujar wali kota.

Menurutnya, hal ini harus terus dipantau dan dibina untuk kedepannya, agar nilainya bisa berubah serta pemasarannya bisa lebih luas.

“Pak Gubernur sudah menyampaikan bahwa seluruh produk makanan maupun kerajinan khas Kotamobagu apa saja dibawa ke Manado pasti akan laku. Tapi proses dari kita harus ditingkatkan lagi, termasuk label kadar kandungan makananan yang tercantum di dalamnya,” terangnya.

Dengan berbagai terobosan positif yang terus dilakukan saat ini, maka PKK Kotamobagu dinilai mampu melakukan pendampingan untuk lebih memajukan sektor tersebut.

“Tinggal perlu pendampingan, karena beberapa produk cara pengemasannya sudah bagus, seperti kopi, gula merah, dan produk lainnya. Sehingga kedepan target kita, produk kopi kotamobagu sudah harus masuk di seluruh cafe-cafe yang ada di Sulawesi Utara,” terangnya.

Bahkan kedepan, pemerintah juga akan mengadakan satu promosi untuk seluruh produk khas Kotamobagu.

“Promosi iya, kita akan mengadakan satu promosi tunggal kotamobagu untuk seluruh produk, tapi tapi kita harus berikan satu pendampingan yang kuat terlebih dahulu, termasuk pengemasan, kandungan makanan, rasa, hingga pewarnaan makanan jangan sampai menggunakan bahan kimia,” pungkasnya.