Pemerintah Kabupaten Boltim Advertisment

Empat Puskesmas di Kotamobagu Bakal Disurvey

83

Tajuk.News, KOTAMOBAGU – Tim akreditas dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan surveyor penilaian empat Pusat Kesehatan Masyarakat  (Puskesmas), di Kota Kotamobagu.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu, Ahmad Yani Umar, Rabu (13/11/2019) mengatakan, empat Puskesmas yang akan diakreditasi 2 diantaranya reakreditas, naik akreditas dari Madya ke Paripurna.

“Puskesmas reakreditasi yaitu di Puskesmas Gogagoman dan Motoboi Kecil dari akreditas Mayda ke Paripurna. Untuk di Puskesmas Kotobangon dan Bilalang ditargetkan mendapat akreditas Madya walaupun awalnya biasanya dapat Dasar,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, indikator penilaiannya yakni upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan. Jadi penilaianya bukan terhadap masyarakat yang sakit, tapi juga masyarakat yang sehat.

“Kenapa harus ada akreditasi? Kalau tidak ada akreditasi tidaka ada kerja sama dengan BPJS. Ini merupakan syarat utama dari pihak BPJS. Dari aturan BPJS, bahwa fasilitas oleh pelayanan kesehatan, baik pelayanan kesehatan dasar, maupun rujukan, harus terakreditasi,” jelasnya.

 Sementara itu, untuk Rumah Sakit sebagai pelayanan kesehatan rujukan, akan diakreditasi bulan Desember.

“Komite Akreditasi Rumah Sakit bulan Desember akan melakukan survey untuk re-akrediasi penguatan kelas kemungkinan besar dari akreditas C ke C plus ataupun ke akreditas B,” tambahnya.

Dia berharap, agar fokus mempersiapkan segala hal yang menjadi pokok penilaian tim akreditas.

“Harapan saya, proses penilaian dapat berjalan dengan lancar dan mampu mendapatkan hasil yang maksimal sesui target yang diharapkan,” harap Yani.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Puskesmas Gogagoman, Sukmawati, mengatakan, pihaknya terus melakukan persiapan untuk memperoleh hasil terbaik sesuai dengan harapan.

“Yang jelas persiapan sudah kami lakukan dari beberapa bulan sebelumnya, sehingga kami saat ini sudah siap menghadapi penilaian akreditas ini,” singkat Sukmawati .

Dikatakannya, ada 3 kegiatan yang sudah dipersiapkan jauh sebelumnya, diantaranya dokumen dan program kerja.

“Untuk program kerja itu ada bagian admin, Pokja Admin, Usaha Kesehatan Perorangan serta Usaha Kesehatan Masyarakat. Termasuk semua sarana dan prasarana sesuai petunjuk aturan permenkes 75 tahun 2014,” terangnya.

Dia juga mengatakan, untuk tahun ini Puskesmas Gogagoman menargetkan akreditasi Paripurna dari sebelumnya Madya.

“Berdasarkan rekomendasi yang diberikan ke kami, dari kemarin diminta ada 10 bab yang harus disediakan. Setelah akreditasi kemarin, itu yang harus dilengkapi terlebih dahulu, baru lain-lainnya,” tutupnya.